Pada proses pembelajaran kaitan antara guru, siswa, dan materi sangat erat. Hubungan tiga komponen ini disebut segitiga didaktis. Untuk menciptakan proses belajar dalam diri siswa guru harus benar-benar menguasai materi ajar (profesionalitas), pengetahuan tentang siswa (pedagogik), dan menciptakan situasi pembelajaran (didaktis). Hal ini selanjutnya dikenal dengan istilah relasi didaktis (didactical relation).
Segitiga didaktis
Kansanen ini memberikan gambaran hubungan timbal balik guru-siswa dan
materi-siswa. Ketika materi yang diberikan direspon balik oleh siswa terjadi
hubungan didaktis. Sedangkan hubungan pedagogis terjadi ketika guru memberikan
pembelajaran kemudian siswa merespon balik.
Menurut Suryadi (2010) HD dan HP tidak dapat dipandang secara parsial melainkan dapat terjadi secara bersamaan. Dalam hal ini, guru dapat merancang sebuah situasi didaktis dan membuat prediksi tanggapan siswa serta antisipasinya hingga tercipta situasi yang baru. Dengan demikian, dalam segitiga didaktis perlu ditambahkan hubungan antisipatis antara guru dan siswa, yang disebut dengan ADP (Antisipasi Didaktis Pedagosis).
Kemampuan guru dalam memahami komponen-komponen segitiga didaktis yang dimodifikasi yaitu ADP, HD, dan HP sebagai suatu kesatuan yang utuh disebut analisis metapedadidaktik. (Suryadi, 2013)
A. Komponen pemahaman
tingkat kognitif numerasi
Dalam
tulisannya Gagne merumuskan objek matematika menjadi dua yaitu:
1. Objek matematika
langsung
a. Fakta, berkaitan
dengan lambang yang sudah baku; (lambang integral, limit)
b. Konsep, definisi dari
suatu istilah; (konsep perkalian, konsep turunan)
c. Prinsip, keterikatan
antara konsep-konsep; (sifat kesebangunan, sifat transitif)
d. Prosedur,
langkah-langkah cara penyelesaian; (penyelesaian spldv, menemukan vektor
resultan)
Pengetahuan tentang objek
langsung akan memudahkan guru dalam menyusun HD dan ADP. Contohnya dalam
situasi didaktis tidak mungkin siswa diberikan bahan ajar untuk menemukan
sebuah fakta, selain itu guru akan terhindari dari miskonsepsi yang sering
terjadi (penjumlahan variabel dengan memisalkan sebuah benda konkrit
"empat mobil dimisalkan jadi 4M", bisa membedakan 2x4 dan 4x2).
2. Objek matematika tak
langung
Berkaitan dengan
kompetensi yang dimiliki oleh siswa seperti kemampuan menyelidiki dan
memecahkan masalah, belajar mandiri, bersikap positif terhadap matematika, dan
tahu bangaimana semestinya belajar. Pengetahuan tentang objek tak langsung ini
akan memudahkan guru menyusun hubungan pedagogik.
B. Beberapa istilah
pembelajaran
Ada semacam kesepakatan
tidak tertulis bahwa tidak ada satupun cara pembelajaran yang cocok untuk semua
materi ajar dan semua siswa. Oleh karena itu dengan memperkaya pengetahun
mengenai berbagai istilah dan cara yang bisa dilakukan dalam proses pembelajaran
diharapkan bisa membantu untuk menciptakan relasi didaktis di kelas.
1. Strategi pembelajaran,
Suatu pola umum pembelajaran yang tersusun secara sistematis berdasarkan
pedagogik, psikologi, didaktik, dan komunikasi (silabus atau alur tujuan
pembelajaran).
2. Model pembelajaran,
Kerangka konseptual yang mengharuskan dilaksanakannya sintaks prosedur yang
sistematis dari awal sampai akhir pembelajaran (Model pembelajaran CTL, Model
pembelajaran Discovery learning)
3. Pendekatan
pembelajaran, cara yang ditempuh guru dalam pelaksanaan pembelajaran agar
konsep yang disajikan dapat diadaptasi oleh siswa (pendekatan open-ended,
pendekatan induktif-deduktif) .
4. Metode pembelajaran,
Cara yang digunakan guru untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun
dalam bentuk kegiatan praktis (metode ceramah, metode diskusi, metode
demonstrasi)
5. Teknik pembelajaran,
Teknis yang digunakan guru untuk merencanakan pembelajaran dengan penggunaan
sarana yang tersedia (teknik guru yang berada di pedalaman tanpa listrik akan
berbeda dalam merencanakan pembelajaran dengan teknik guru yang ada di kota)
6. Taktik pembelajaran,
gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang
sifatnya individual (guru humoris akan berbeda taktiknya dengan guru yang kaku
dan tidak suka bercanda)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar